Tips menentukan pilihan mobil manual atau matic

Tips menentukan pilihan mobil manual atau matic– Untuk anda yang masih kesulitan untuk menentukan pilihan antara membeli mobil dengan transmisi dengan sistem manual ataupun matic, kali ini kami akan memberikan sedikit gambaran (tips) untuk anda sehingga anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan mobil manual ataupun matic.

Auto Gear Shift

Auto Gear Shift

Sebetulnya dasar pemilihan mesin dengan sistem transmisi manual atau matic lebih pada kebutuhan dan gaya seseorang dalam mengendarai mobil.  Untuk anda yang sering memakai mobil ini dijalan yang relatif sepi (luar kota) tentu akan lebih mudah dan menyenangkan jika menggunakan mobil manual karena accelerasi mobil manual lebih bagus untuk jalan jalan yang relatif sepi sehingga jarang mengganti gigi dan kaki tidak pegel. Lain halnya jika kebutuhan anda untuk mobil ini lebih sering dipakai di lokasi yang macet seperti di ibukota ataupun dikota-kota besar lainnya, akan lebih nyaman jika anda menggunakan mobil matic, karena kaki anda akan lebih leluasa dan tidak tersiksa karena sebentar sebentar harus menginjak pedal kopling untuk ganti gigi.

Pertimbangan lainnya adalah mobil dengan sistem transmisi matic akan cenderung lebih boros dalam bahan bakar, juga perawatan yang akan memakan biaya jika usia mobil anda sudah memasuki lebih dari 5 tahun. Untuk harga jual mobil manual biasanya relatif lebih murah dibanding mobil matic (kondisi baru).

Menjawab beberapa kemudahan dan kekurangan dari sistem transmisi manual ataupun matic ini, saat ini telah hadir sistem transmisi Auto Gear Shift atau yang lebih akrab disebut AGS. Sistem ini mengadopsi kemudahan dari kedua sistem transmisi itu. Pada sistem AGS ini, kita tidak menggunakan pedal kopling sehingga kaki lebih bebas layaknya sistem matic.

Adapun pilihan gigi transmisi pada sistem AGS adalah

  • R (Reverse/Mundur) ==> digunakan untuk mundur
  • N (Neutral/Netral) ==> digunakan untuk posisi netral (berhenti)
  • D (Drive/Automatic) ==> Pengendara layaknya menggunakan mobil Matic, perpindahan gigi diatur oleh Intelligent Shift Control Actuator
  • M (Manual) ==> pengendara dapat mengganti gigi seperti sistem manual.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari sistem Auto Gear Shift:
1. Easy to Drive – kemudahan dalam mengendarai mobil
2. Low Fuel Consumption – lebih hemat bahan bakar karena tidak ada perputaran mesin yang tinggi pada saat perpindahan gigi dan slip pada transmisi.
3. Fun to Drive – mengendarai mobil lebih nyaman karena tidak menggunakan pedal kopling
4. Reasonable Price – Harga yang terjangkau dibanding matic
5. Smooth Gear Change – menawarkan perpindahan gigi lebih halus
6. Keunggulan menggunakan transmisi Manual pada system AGS

Demikian ulasan mengenai pemilihan transmisi manual, matic, ataupun sistem Auto Gear Shift (AGS). Semoga tulisan ini dapat membantu anda menentukan pilihan mobil idaman.

 

terimakasih

 

Leave a Reply