Nissan X-Trail Hybrid Si Tangguh Yang Tahan Baterai Hingga 10 tahun

Nissan X-Trail Hybrid Si Tangguh Yang Tahan Baterai Hingga 10 tahun

Masyarakat Indonesia kembali dimanjakan dengan mobil SUV keluaran terbaru dari Nissan. Nissan X-Trail Hybrid adalah varian mobil hybrid  terbaru dari produsen Jepang  yang secara resmi dikenalkan di Indonesia pada bulan Agustus lalu dan kabarnya akan mulai dijual mulai bulan November. Karena mengusung konsep hybrid, yaitu menggabungkan mobil konvensional dengan mobil bertenaga baterai, mesin yang dipasang bisa membuat Anda lebih irit bahan bakar. Dikatakan bahwa satu liter bahan bakar yang digunakan bisa untuk menempuh jarak hingga lebih dari 20 km. Mobil tipe SUV memang masih menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Lalu seperti apa spesifikasi dari X-Trail Hybrid ini dan berapa harga jualnya di Indonesia?

Spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid

Spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid

Spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid

Dari segi eksterior, mobil hybrid ini tidak jauh berbeda dengan X-Trail konvensional yang diluncurkan sebelumnya. Perbedaan terletak pada lekukan bodi yang membuatnya lebih aerodinamis, dan juga logo Hybrid yang ada pada pintu dan bagian belakang mobil.  Untuk penerangan juga ada yang beda pada X-Trail Hybrid ini yaitu lampu utama yang diberikan fitur fog lamp atau lampu kabut. Meski desain eksterior yang masih sama, varian hybrid X-Trail ini ditanamkan mesin yang lebih tangguh dan mantap dibandingkan kakaknya. Efisiensi mesin yang begitu tinggi karena mobil ini dibekali dengan mesin MR20DD 4-silinder 2. 0 liter yang ditambah dengan motor listrik dengan teknologi baru.

Motor listrik yang disematkan untuk mendukung ketangguhan dari X-Trail Hybrid adalah RM31 electric motor yang memiliki torsi maksimal 160 Nm. Mesin yang dipasang pada X-Trail Hybrid ini kemudian digabungkan dengan XTronic CVT yang membuat mesin menjadi efisien bahan bakar dan pembuangan emisi gas mencapai 75%. Mobil ini membuktikan mesin tangguh bukan berarti harus mencemari lingkungan dan menghabiskan sumber daya alam bumi.

Motor listrik yang dipasang pada bagian bawah kap mobil terhubung dengan baterai Li-on yang diletakkan di bagian bawah bagasi. Menurut Chief Vehicle Engineer of Nissan Motor Company, Nobusuke Toukura, baterai pada X-Trail Hybrid bisa bertahan selama 10 tahun atau setelah 200 ribu km perjalanan. Ini karena sistem pengisian baterai pada mobil ini tidak menyebabkan baterai mengalami overcharged atau rusak bila diisi ketika baterai belum benar-benar habis. Baterai mobil bisa melakukan pengisian ulang bahkan saat mobil menggunakan mesin konvensional, atau pada saat pengereman dan menurunkan kecepatan saat melalui jalan turunan.

Harga X-Trail Hybrid

Saat ini mobil X-Trail Hybrid sudah berstatus on the road untuk wilayah DKI Jakarta, sedangkan untuk wilayah lain diperkirakan bulan November sudah didistribusikan. Untuk harganya, selisih harga X-Trail Hybrid dengan X-Trail konvensional cukup besar. Jika X-Trail konvensional dipatok dengan harga sekitar 400 juta rupiah, untuk hybrid ini harganya 625 juta rupiah. Harga tersebut sudah merupakan harga resmi yang diumumkan oleh PT Nissan Motor Indonesia pada hari Rabu, 4 November lalu.

Leave a Reply